UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Alauddin Makassar menjadi Mitra Kerja Program BIPA Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan

UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Alauuddin Makassar memfasilitasi kegiatan sosialisasi program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi-Selatan pada Rabu (03/04/2024) di ruang rapat Perpustakaan Syeikh Yusuf UIN Alauddin Makassar

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Ganjar Harimansyah, M.Hum, Ketua Tim KKLP BIPA, Andi Herlina, M.Pd, Kepala UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. Hj. St. Azisah, M.Ed, St., Ph.D., Kepala International Office UIN Alauddin Makassar, Dr. Serliah Nur, S.Pd., M.Hum., M.Ed., Dosen Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Andi Halimah, M.Pd. dan Dra. Hamsiah Djafar, M.Hum., beberapa staf Pusat Bahasa UIN Alauddin Makassar serta mahasiswa asing yang melanjutkan studi di UIN Alauddin Makassar.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. St. Azisah, M.Ed, St., Ph.D. selaku Kepala UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Alauddin Makassar mengucapkan terima kasih kepada tim dari Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan telah berkenan hadir untuk mensosialisasikan program BIPA di UIN Alauddin Makassar.

Ini merupakan sebuah kesyukuran dan rasa hormat kami atas kedatangan dari tim Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan ke kampus Peradaban UIN Alauddin Makassar. Semoga ini menjadi pertemuan yang mampu dimanfaatkan bersama untuk membangun kolaborasi dalam pengembangan bahasa daerah, Indonesia, serta bahasa Asing.

Dr. Ganjar Harimansyah, M.Hum selaku Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan dalam paparannya terkait sejarah, urgensi, dan substansi kegiatan BIPA dalam lingkup akademik institut/universitas. Terlebih lagi dalam konteks UIN Alauddin Makassar yang telah memiliki UPT. Pusat Pengembangan Bahasa yang memiliki tupoksi yang pas sebagai lembaga yang bergerak dalam pembinaan, pemberdayaan serta pengembangan bahasa.

Saya rasa dengan adanya UPT. Pengembangan Bahasa UIN Alauddin Makassar ini mampu menjadi mitra Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan dalam merealisasikan program BIPA sebagai respon positive minat global terhadap bahasa dan budaya bahasa Indonesia di dalam maupun di luar negeri. Terlebih lagi UIN Alauddin tentunya telah membuka peluang bagi mahasiswa luar negeri untuk melanjutkan studi baik di tingkat S1, S2, bahkan S3. Sehingga program BIPA menjadi penting untuk mereka untuk bisa mengenal budaya dan menggunakan bahasa Indonesia.

Ketua TIm KKLP BIPA, Andi Herlina, M.Pd, menyampaikan harapannya agar UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Alauddin Makassar berkenan untuk mengisi dan melengkapi format penyelenggara BIPA di kota Makassar. Hal itu bertujuan agar UIN Alauddin Makassar mampu menjadi salah satu dari beberapa opsi tempat belajar bagi para pelajar BIPA.

Beliau juga menyampaikan informasi terkait kegiatan Festival Handai Indonesia 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek RI. Kegiatan tersebut merupakan ajang unjuk kemahiran dan kreativitas warga negara asing dalam bertutur dan menulis kreatif menggunakan bahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *